Kontraktor Epoxy Lantai Terbaik di Indonesia

 

Kontraktor Epoxy Lantai Berpengalaman

Kontraktor epoxy lantai terbaik seharusnya mengetahui tentang kualitas epoxy dan langkah pengaplikasian epoxy yang tepat. Cairan khusus cat epoxy lantai sendiri terdiri dari bahan hardener dan resin yang dicampur dan berfungsi menciptakan ketahanan maksimal pada lapisan pelindung tipis di lantai.

 Selain itu juga berfungsi sebagai pelindung dari resapan zat cair yang dapat merusak lantai, serta pelindung dari berbagai bahan kimia. Berbeda dengan pengecatan dinding, pengecatan epoxy lantai sendiri dilakukan dengan beberapa proses. Mulai dari proses persiapan lantai hingga finishing. Berikut adalah panduan 6 cara pengaplikasian pengecatan epoxy lantai.

Kontraktor Epoxy Lantai Mempersiapkan Permukaan

Langkah pertama yang biasa dilakukan seorang kontraktor epoxy lantai dan spesialis lainnya adalah mempersiapkan permukaan lantai. Metode yang cocok dan banyak dilakukan sesuai dengan kondisi lantai ialah dengan pengamplasan atau grinding. Sedangkan untuk permukaan lantai yang sudah terkontaminasi dengan minyak membutuhkan pembersihan secara khusus. Pembersihan dilakukan secara menyeluruh pada permukaan termasuk bagian yang tertutup oleh benda lain.

Membersihkan Lantai Dari Kotoran Debu

Setelah melalui proses pengamplasan, hal yang dilakukan kontraktor epoxy lantai selanjutnya adalah pembersihan dengan menyapu lantai. Anda bisa menggunakan vakum industri untuk membersihkan lantai dari debu. Lantai harus dalam keadaan bersih sebelum memulai pelapisan cat primer.

Jika lantai tidak dibersihkan secara maksimal baik, risikonya aneka partikel bisa masuk ke lapisan lantai. Hal ini membuat adhesi melemah dan fungsi epoxy lantai menurun. Semakin sedikit debu di permukaan, sedikit pula cat primer yang dibutuhkan.

Melakukan Pelapisan Priming dan Filling

Bagi seorang yang profesional termasuk kontraktor epoxy lantai pun akan melakukan hal yang sangat wajib dalam proses pengaplikasian epoxy yaitu melapis primer lantai. Melapis primer lantai sangat diperlukan, karena akan membuat lantai Anda memiliki daya tahan lebih dan awet serta memiliki adhesi yang lebih baik ke substrat.

Proses selanjutnya adalah dengan menutup substrat hingga menghilangkan resiko  penggelembungan yang terjadi pada permukaan lantai.

Priming juga akan membantu mengurangi jumlah cat yang akan dibutuhkan pada proses selanjutnya. Selain itu Anda bisa menggunakan dua lapis primer sehingga lantai siap diaplikasikan dan jangan lupa untuk memastikan bahwa daerah tersebut berventilasi baik.

Perlu diingat juga pastikan substrat tidak terdapat keretakan, jika terdapat retakan dan lubang, maka lakukanlah penutupan dengan epoxy mortar atau grout.

Mengaplikasikan Lapisan Pertama Epoxy Lantai

Langkah selanjutnya sudah masuk ke tahap inti yaitu pengaplikasian epoxy lantai. Pastikan semua benda yang ada di dalam ruangan sudah dipindahkan agar proses pengaplikasian bisa dilakukan diseluruh bagian.

Pada tahap ini Anda perlu memperhatikan takaran campuran cat epoxy, biasanya takaran disesuaikan dengan kebutuhan lantai. Lakukan pencampuran bahan epoxy menggunakan mixer listrik dan aduk rata kurang lebih selama 2 menit. Selanjutnya langsung saja aplikasikan pada permukaan lantai.

Melakukan proses penakaran dan pencampuran dengan cara buruk akan mengarah kepada lantai yang norak. Perlu diingat bahwasanya langkah ini sangatlah penting jika Anda menginginkan hasil yang bagus layaknya spesialis epoxy lantai  dan lainnya.

Menerapkan Cat Epoxy dengan Roller

Setelah pencampuran cat epoxy selesai, langkah berikutnya adalah pengaplikasian cat epoxy pada permukaan lantai. Gunakan roller dengan kualitas baik, jika Anda menggunakan kualitas buruk akan dapat mudah terlepas.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih halus, Anda harus memastikan bahwa lapisan pertama cat epoxy sudah kering maksimal. Jika sudah maka lapisi kembali dengan cat epoxy menggunakan roller.

Anda juga perlu mengamplas beberapa permukaan tidak rata yang muncul di lapisan pertama. Dan jika muncul beberapa masalah seperti retakan, lubang, dan lainnya pastikan untuk ditambal sebelum memulai lapisan berikutnya.

Pengecatan Epoxy Lantai Oleh Kontraktor Epoxy

 

Kontraktor Epoxy Lantai Menerapkan Lapisan Akhir

Sebelum menerapkan lapisan akhir, Anda harus pastikan jika semua lubang dan retakan yang ada pada permukaan lantai sudah terisi dan tidak ada kotoran debu yang terlihat. Jika tidak Anda akan mendapatkan tekstur yang jelek bahkan tidak rata di permukaan akhir.

Sebagian besar cat epoxy memiliki masa pemakaian atau pot life kurang lebih sekitar 40 menit. Jika Anda menginginkan hasil yang baik dan sempurna seakan seperti pengaplikasian yang dilakukan oleh spesialis epoxy lantai  dan spesialis epoxy profesional lainnya maka ingatlah juga akan hal ini.

Baca Juga : Jasa Epoxy Lantai Padang Bergaransi 1 Tahun

Dikarenakan memiliki masa pemakaian yang tidak terlalu lama, Anda disarankan untuk mencampurkan satu ember sekaligus dalam sekali pengaplikasian kemudian langsung terapkan dan ratakan.

Memilih Kontraktor Terbaik

Penjelasan 6 langkah cara pengaplikasian cat epoxy lantai di atas haruslah dilakukan secara urut dan tidak boleh terlewatkan satu langkah sekalipun. Jika terlewatkan satu langkah saja bisa menyebabkan epoxy tidak memberikan fungsinya secara maksimal. Kami merekomendasikan PT. Bumi Adi Citra untuk layanan pengecatan epoxy lantai terbaik, silahkan lihat selengkapnya di official websitenya bumiadicitra.co.id atau cari di google dengan kata kunci PT. Bumi Adi Citra.

Lakukanlah semua step diatas jika Anda menginginkan hasil terbaik layaknya dilakukan oleh ahli profesional seperti kontraktor epoxy lantai terbaik di Indonesia. Dimana lagi jika bukan PT. BUMI ADI CITRA, penyedia jasa epoxy lantai yang memberikan garansi dan free konsultasi.